Tutorial SEO | Tutorial Blogging | Informasi Komputer | Fakta Unik | Informasi Teknologi | Berbagi Informasi

5 Cara Mengatasi Touchpad Laptop yang Tidak Bergerak Sebagaimana Mestinnya

5 Cara Mengatasi Touchpad Laptop yang Tidak Bergerak Sebagaimana Mestinnya

5 Cara Mengatasi Touchpad Laptop yang Tidak Bergerak Sebagaimana Mestinnya - Hai Sobat Blogger Suka Suka Seo, maaf ya kalau nggak pos lama soalnnya saya sendiri lagi ujian tengah semester alias UTS. Doakan supaya nilainnya bagus ya. Kali ini saya akan membahas tentang postingan yang paling banyak dicari para pengguna laptop, yaitu Touchpad laptop. Ingat Touchpad berbeda dengan mousepad. Touchpad adalah benda yang berfungsi sebagai pengganti mouse yang biasannya terletak di bawah perangkat keyboard. Namun problem atau masalah yang dialami oleh benda yang bernama touchpad ini sering mengalami masalah pada fungsi pergerakannya, yaitu tidak dapat bergerak atau tidak dapat berfungsi sebagaimana keadaan yang seharusnya. Untuk itu saya akan membahasnnya dalam artikel Cara Mengatasi Touchpad Laptop yang Tidak Bergerak Sebagaimana Mestinnya

sebelum melanjutkan bacaanya, utnuk perhatiannya mungkin artikel ini tidak berlaku bagi anda yang mempunyai kerusakan touchpad yang parah atau jebol, maaf ya. Untuk yang mempunyai masalah kerusakan ringan anda bisa melihat tutorialnnya dalam artikel ini. Sebelum itu anda bisa baca artikel saya tentang cara merawat touchpad jika touchpad anda benar - benar sudah pulih. Jika ingin touchpad anda kembali seperti semula silahkan baca artikel ini dengan teliti dan penuh perhatian. Saya tidak akan menjamin 100% touchpad anda kembali seperti sedia kala.

  • 1. Bersihkan Debu yang Menempel di Touchpad dengan Tisu Sampai Bersih
Noda yang menempel dapat mengurangi sensitifitas touchpad yang anda pakai. Meskipun benda itu sangat kecil sekali, tetapi dampak yang ditimbulkan amatlah besar, salah satunya menghalangi jari untuk berkontak langsung dengan permukaan touchpad. Untuk mengatasi masalah ini anda tidak perlu ribet untuk membersihkannya. Cukup dibersihkan dengan menggunakan tisu sampai bersih
  • 2 . Download Software Touchpad Resmi
mungkin problem ini hampir sering kali terjadi ketika kita menginstall maupun meng - uninstall program atau bisa jadi anda baru install ulang windows sehingga diperlukan driver yang cocok untuk laptop anda. Sayangnya, sering kali toko komputer hanya memberikan driver seadannya alias hanya sekadar untuk memberikan fungsi umum dari sebuah hardware. Untuk itu anda bisa mendownloadnnya dari website resmi yang sesuai dengan merek dan tipe laptop anda. Anda bisa mendownloadnnya di website Driver Dell, Driver Toshiba, Driver Axioo, Driver Asus, Driver Apple, dan Driver Acer. Untuk kode masuk ( serial number ) atau jenis laptop, anda bisa melihatnya pada bagian bawah laptop, buku panduan atau di kartu garansi
  • 3 . Atur Settingan Touchpad di Control Panel / Program Touchpad
Sebuah settingan atau pengaturan kadang kala juga ikut berubah sendiri tanpa sepengetahuan kita. Biasannya habis diserang oleh sebuah Virus maupun Malware. Untuk Poin ini kayannya saya tidak bisa menjelaskan dengan kata - kata, jadi akan saya beri tutorialnya secara langsung ( usahakan punya mouse )

    • Untuk Touchpad dengan program Synaptic
      1. Buka Control Panel
      2. Masuk ke Menu Hardware and Sound
        5 Cara Mengatasi Touchpad Laptop yang Tidak Bergerak Sebagaimana Mestinnya
      3. klik pada menu Mouse
        5 Cara Mengatasi Touchpad Laptop yang Tidak Bergerak Sebagaimana Mestinnya
      4. Pada tab device setting, ubah touchpad menjadi enable
        5 Cara Mengatasi Touchpad Laptop yang Tidak Bergerak Sebagaimana Mestinnya
    • Untuk Pengguna Program Alps
      1. Buka Control Panel
      2. Masuk ke Menu Hardware and Sound
      3. Klik pada menu mouse
        5 Cara Mengatasi Touchpad Laptop yang Tidak Bergerak Sebagaimana Mestinnya
      4. Pada tab Dell Touchpad ( nama bisa tergantung merek laptop ), klik ikon tersebut
      5. Klik menu Device Select Button Setting
        5 Cara Mengatasi Touchpad Laptop yang Tidak Bergerak Sebagaimana Mestinnya
      6. Enable - kan pada Touchpad dan Touchpad Button
        5 Cara Mengatasi Touchpad Laptop yang Tidak Bergerak Sebagaimana Mestinnya
      7. klik OK
    • Untuk Penguna Umum
      • tinggal Klik Fn + Tombol sederetan F1 - F10 tergantung tipe laptop
  • 4. Hilangkan Noda Membadel dengan Menggunakan sedikit Minyak ( tidak dianjurkan )
debu saja sudah membuat efek yang besar pada fungsi touchpad, lalu bagaimana dengan noda yang membandel yang sulit hilang dari permukaan. Mungkin cara ini agak sedikit berisiko ya dibanding yang no. 6. Untuk menghilangkan noda membandel seperti bekas tetesan susu atau kopi anda bisa menggunakan sedikit minyak dengan melalui perantara pembersih telinga alias cottonbath dan oleskan pada bagian yang terkena noda
  • 5. Mungkin cara ini tidak dianjurkan karena beresiko --> Olesi bagian seluruh Touchpad dengan minyak ( dilakukan oleh saya sendiri ketika touchpad rusak :v )
saya mohon cara ini jangan dicontoh karena sangat beresiko, saya melakukan ini karena pikiran yang saya tuangkan pada poin nomor 5. Saya kira touchpad saya itu banyak kotorannya jadi saya oleskan seluruh bagian touchpad itu dengan minyak kayu putih dengan menggunakan cottonbath alias pembersih telinga. setelah itu saya gunakan lalu bisa ( dalam keadaan masih basah ). Ketika kering saya coba lagi dan hasilnya kembali tidak berfungsi. Setelah 3 minggu tuh, saya nggak sengaja menyenggol touchpad saya dan hasilnya bisa kembali sampai sekarang ( saya kasih pelindung screenguard HP agar tidak terkena debu lagi )

Demikian postingan 5 Cara Mengatasi Touchpad Laptop yang Tidak Bergerak Sebagaimana Mestinnya, saya harap postingan ini berguna dan bermanfaat bagi anda. Jika anda ada saran atau kritikan mohon ditulis di kolom komentar. Apabila anda menyukai postingan ini dan blog Suka Suka Seo, saya harap anda mau Join This Site, ikuti Google+ saya dan Like fanspage Facebook Suka Suka Seo

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : 5 Cara Mengatasi Touchpad Laptop yang Tidak Bergerak Sebagaimana Mestinnya